Alhamdulillah besok 1 Ramadhan yang artinya hari ini hari pertama tarawih ....semua orang bersemangat kemasjid termasuk Umar yg minta izin mau tarawih dimsjid depan komplek...saya sih oke2 saja..tidak terlalu jauh juga..
singkat cerita Umar kemasjid bersama Hizbil mau sholat isya plus tarawih...jam 8-an suami saya yg pulang dari warung terheran-heran..
Ayah : hisbil ko udah pulang ya mi..si umar belom...
saya : tanya hisbil dong..
Ayah : udah,katanya masih dimasjid..anak kita rajin yah..
*menunggu lama,nasi sudah mulai dingin,adik2nya sudah tertidur ,umar belum pulang juga,akhirnya ayah memutuskan utk nyusul ke masjid..kasian kl kemalaman besok sahur bisa ngantuk*
*ayah pulang senyum-senyum* aku kirain rajin...ternyata..
saya : ternyata ? tadi sholat berapa rakaat mar?
umar : 23 rakaat *sambil cemberut* sholatnya lama banget..
saya : kenapa ga pulang cepet,td hisbil udah pulang duluan kamu belum..
umar : iya dirakaat keberapa itu pas aku habis salam aku liat hisbil udah ga ada,aku mau ikut pulang eh udah berdiri lagi..aku ga bisa keluar...
saya : *ketawa guling guling*
Kirain rajin,ternyata "terjebak" ditengah2 jama'ah hingga ga bisa keluar saudara saudara.....^^
Sunday, July 31, 2011
Tuesday, June 21, 2011
everybody makes mistakes
Sebutkan kebaikan anak anda ?
Sebutkan kejelekan anak anda ?...
Saya ingat disuruh menuliskan ini diwaktu Pelatihan Fahim Quran beberapa bulan yang lalu...dengan mudah saya tulis kebaikan anak saya 1.lucu,2.Penurut,3.Rajin,4.Ceria,5.Aktif dll.....tapi ketika harus menulis keburukan saya agak bingung...apa yah...hmmm....kayanya apa yah...hmmm....saya lupa waktu itu saya menulis apa hanya saja saya 'buntu' ketika harus menuliskan kejelekannya...tapi..setelah direnungkan ..kebaikannya banyak tapi ko saya lebih banyak marah2nya yah....hmm....kesimpulannya anak itu mungkin berbuat sebuah kesalahan tapi lihatlah hal yg positif dari dirinya yg pastinya lebih banyak dari negatifnya..
Apa yang paling membuat anda marah pada anak anda?berbohong?mencuri?memukul?tantrum?..
anak saya pun pernah membuat hal yg paling orangtua tidak suka..cerita ini bukan untuk membuka aibnya tapii saya hanya sharing saja ketika anak melakukan kesalahan tak perlu emosi dulu..tenang saja...anaknya manusia kan bukan malaikat kan? setiap mereka berbuat salah mantra ajaib saya dalam hati "everybody makes mistakes"....waktu saya kecil pun saya bukan anak yg manis..saya ingat ibu saya mengejar saya sampai ke atas genteng dengan sapu lidi...setiap pagi ibu saya bangunkan saya untuk sekolah..saya akan ke atas dengan alasan mandi di kamar mandi atas trus tidur lagi diatas...sampai ibu saya teriak2 lagi....saya pernah 'iseng'menginjak aquarium yang mengakibatkan kaki saya kena beling disana sini...dan banyakkk lg..yang kalau diingat hanya membuat saya istighfar...karena telah membuat ibu saya marah.
Lalu kenapa saya menuntut anak saya menjadi manis?tidak berbohong..tidak memukul...tidak marah..apa saya sudah 'manis' dari dulunya?tidak!saya melewati sebuah proses.....anak memukul dan akhirnya mereka sadar memukul tak menyelesaikan masalah...mereka berbohong dan mereka tau rasanya tidak enak gundah,resah ketika sudah berbohong,.mereka mengejek teman dan mereka tahu tidak enak rasanya.tidak punya teman..dan banyak lagi..tak perlu terpancing ketika mereka berbuat salah..anggaplah mereka sedang melewati sebuah proses untuk menjadi baik...baik bukan hal yg ajaib langsung ada pada diri seseorang kecuali nabi muhammad sallalahu alaihi wasalam tapi melewati sebuah proses pembelajaran yang panjang..letupan dan kejutan itu saya nikmati sambil mengucap mantra saya "everybody makes mistakes"..dan berdoa "Rabbana hablana min azwajina wa dzuriyatina qurota a'yun waj'alna lil mutaqina imaman..Ya Allah pemelihara kami..anugrahkan kami pasangan dan keturunan yang menyejukan mata dan jadikan kami imam bagi orang bertakwa..".
ps : now i know its not easy being a mom..please forgive me for all mistaken that i've done..i love u so much..that much...very much.
Sebutkan kejelekan anak anda ?...
Saya ingat disuruh menuliskan ini diwaktu Pelatihan Fahim Quran beberapa bulan yang lalu...dengan mudah saya tulis kebaikan anak saya 1.lucu,2.Penurut,3.Rajin,4.Ceria,5.Aktif dll.....tapi ketika harus menulis keburukan saya agak bingung...apa yah...hmmm....kayanya apa yah...hmmm....saya lupa waktu itu saya menulis apa hanya saja saya 'buntu' ketika harus menuliskan kejelekannya...tapi..setelah direnungkan ..kebaikannya banyak tapi ko saya lebih banyak marah2nya yah....hmm....kesimpulannya anak itu mungkin berbuat sebuah kesalahan tapi lihatlah hal yg positif dari dirinya yg pastinya lebih banyak dari negatifnya..
Apa yang paling membuat anda marah pada anak anda?berbohong?mencuri?memukul?tantrum?..
anak saya pun pernah membuat hal yg paling orangtua tidak suka..cerita ini bukan untuk membuka aibnya tapii saya hanya sharing saja ketika anak melakukan kesalahan tak perlu emosi dulu..tenang saja...anaknya manusia kan bukan malaikat kan? setiap mereka berbuat salah mantra ajaib saya dalam hati "everybody makes mistakes"....waktu saya kecil pun saya bukan anak yg manis..saya ingat ibu saya mengejar saya sampai ke atas genteng dengan sapu lidi...setiap pagi ibu saya bangunkan saya untuk sekolah..saya akan ke atas dengan alasan mandi di kamar mandi atas trus tidur lagi diatas...sampai ibu saya teriak2 lagi....saya pernah 'iseng'menginjak aquarium yang mengakibatkan kaki saya kena beling disana sini...dan banyakkk lg..yang kalau diingat hanya membuat saya istighfar...karena telah membuat ibu saya marah.
Lalu kenapa saya menuntut anak saya menjadi manis?tidak berbohong..tidak memukul...tidak marah..apa saya sudah 'manis' dari dulunya?tidak!saya melewati sebuah proses.....anak memukul dan akhirnya mereka sadar memukul tak menyelesaikan masalah...mereka berbohong dan mereka tau rasanya tidak enak gundah,resah ketika sudah berbohong,.mereka mengejek teman dan mereka tahu tidak enak rasanya.tidak punya teman..dan banyak lagi..tak perlu terpancing ketika mereka berbuat salah..anggaplah mereka sedang melewati sebuah proses untuk menjadi baik...baik bukan hal yg ajaib langsung ada pada diri seseorang kecuali nabi muhammad sallalahu alaihi wasalam tapi melewati sebuah proses pembelajaran yang panjang..letupan dan kejutan itu saya nikmati sambil mengucap mantra saya "everybody makes mistakes"..dan berdoa "Rabbana hablana min azwajina wa dzuriyatina qurota a'yun waj'alna lil mutaqina imaman..Ya Allah pemelihara kami..anugrahkan kami pasangan dan keturunan yang menyejukan mata dan jadikan kami imam bagi orang bertakwa..".
ps : now i know its not easy being a mom..please forgive me for all mistaken that i've done..i love u so much..that much...very much.
Saturday, May 14, 2011
10 curahan hati anak
Ini sebenarnya posting lama yang ada di blog lama saya ..hanya ingin menginggatkan saya kembali..
10 AMANAT ANAK KEPADA BUNDA DAN AYAH
diterjemahkan oleh Ery Soekresno,Psi
1. Tanganku kecil, tolong jangan menilaiku terlalu sempurna saat aku sedang membereskan tempat tidurku, menggambar atau melempar bola. Kakiku masih pendek, tolong jangan terlalu cepat berjalan agar aku dapat berjalan bersama Bunda dan Ayah.
2. Mataku tidak seperti Bunda dan Ayah. Aku belum melihat semua hal didunia ini, beri aku kesempatan untuk menjelajahi dunia dengan aman dan jangan larang aku kalau tidak perlu sekali.
3. Aku tahu ada banyak pekerjaan dirumah dan dikantor yang harus Bunda dan Ayah kerjakan. Aku tidak akan lama menjadi anak kecil, tolong berikan aku waktu dan perhatian untuk menjelaskan tentang dunia yang indah dan lakukanlah dengan sepenuh hati.
4. Perasaanku lembut. Perlakukanlah aku sebagaimana Bunda dan Ayah ingin diperlakukan oleh orang lain.Jangan marah padaku sepanjang hari. Aku ingin Bunda dan Ayah sensitif dengan kebutuhanku.
5. Aku adalah hadiah dari Allah untuk Bunda dan Ayah. Perlakukan aku sesuai dengan kehendak Allah, arahkan ,bimbing dan siapkan diriku untuk dapat menghadapi masa depanku yang tidak sama dengan zamanmu.berikan aku aturan, penghargaan dan konsekwensi (bukan hukuman tanpa penjelasan yang membuat aku dendam) atas perbuatanku yang salah sehingga aku mengerti mana yang benar dan salah.
6. Aku membutuhkan dukungan dan dorongan Bunda dan Ayah untuk tumbuh dan berkembang secara optimal bukan hanya kritikan. Bunda dan Ayah dapat mengkritik perbuatanku tanpa harus membenci aku.
7. Berikan aku kesempatan berlatih mengambil keputusan utuk diriku sendiri. Ijinkan aku mengalami kegagalan atau berbuat kesalahan sehingga aku dapat belajar dari hal itu.Bantu aku untuk mengatasi kegagalan dan memperbaiki kesalahan sehingga dimasa depan aku sudah siap mengambil keputusan yang tepat untuk hidupku.
8. Jangan lakukan semuanya untukku karena aku akan merasa bahwa apa yang aku lakukan tidak memenuhi standar atau harapan Ayah dan Bunda.Tolong jangan bandingkan aku dengan anak lain atau dengan saudara kandungku
9. Jangan takut meninggalkan aku jika memang Ayah dan Bunda perlu pergi berdua. Anak anak juga butuh liburan tanpa Ayah Bunda sama seperti Bunda dan Ayah yang membutuhkan liburan tanpa anak-anaknya.
Semoga dapat menjadi bahan perenungan hati dalam mendidik generasi harapa
10 AMANAT ANAK KEPADA BUNDA DAN AYAH
diterjemahkan oleh Ery Soekresno,Psi
1. Tanganku kecil, tolong jangan menilaiku terlalu sempurna saat aku sedang membereskan tempat tidurku, menggambar atau melempar bola. Kakiku masih pendek, tolong jangan terlalu cepat berjalan agar aku dapat berjalan bersama Bunda dan Ayah.
2. Mataku tidak seperti Bunda dan Ayah. Aku belum melihat semua hal didunia ini, beri aku kesempatan untuk menjelajahi dunia dengan aman dan jangan larang aku kalau tidak perlu sekali.
3. Aku tahu ada banyak pekerjaan dirumah dan dikantor yang harus Bunda dan Ayah kerjakan. Aku tidak akan lama menjadi anak kecil, tolong berikan aku waktu dan perhatian untuk menjelaskan tentang dunia yang indah dan lakukanlah dengan sepenuh hati.
4. Perasaanku lembut. Perlakukanlah aku sebagaimana Bunda dan Ayah ingin diperlakukan oleh orang lain.Jangan marah padaku sepanjang hari. Aku ingin Bunda dan Ayah sensitif dengan kebutuhanku.
5. Aku adalah hadiah dari Allah untuk Bunda dan Ayah. Perlakukan aku sesuai dengan kehendak Allah, arahkan ,bimbing dan siapkan diriku untuk dapat menghadapi masa depanku yang tidak sama dengan zamanmu.berikan aku aturan, penghargaan dan konsekwensi (bukan hukuman tanpa penjelasan yang membuat aku dendam) atas perbuatanku yang salah sehingga aku mengerti mana yang benar dan salah.
6. Aku membutuhkan dukungan dan dorongan Bunda dan Ayah untuk tumbuh dan berkembang secara optimal bukan hanya kritikan. Bunda dan Ayah dapat mengkritik perbuatanku tanpa harus membenci aku.
7. Berikan aku kesempatan berlatih mengambil keputusan utuk diriku sendiri. Ijinkan aku mengalami kegagalan atau berbuat kesalahan sehingga aku dapat belajar dari hal itu.Bantu aku untuk mengatasi kegagalan dan memperbaiki kesalahan sehingga dimasa depan aku sudah siap mengambil keputusan yang tepat untuk hidupku.
8. Jangan lakukan semuanya untukku karena aku akan merasa bahwa apa yang aku lakukan tidak memenuhi standar atau harapan Ayah dan Bunda.Tolong jangan bandingkan aku dengan anak lain atau dengan saudara kandungku
9. Jangan takut meninggalkan aku jika memang Ayah dan Bunda perlu pergi berdua. Anak anak juga butuh liburan tanpa Ayah Bunda sama seperti Bunda dan Ayah yang membutuhkan liburan tanpa anak-anaknya.
Semoga dapat menjadi bahan perenungan hati dalam mendidik generasi harapa
Sunday, May 1, 2011
help me to do it my self with practical life (2)
Sekarang cerita ke kehidupan nyata ..bagaimana saya menerapkan subject practical life untuk ke empat krucil dirumah…dan semua dimulai dari yang mudah yaitu makan sendiri..dari mereka umur 1th saya biasakan mereka makan sendiri walaupun amat sangat berantakan sekali bangettt….tapi saya punya triknya..berhubung saya ga punya high chair..saya buka koran melebar..saya dudukan anak saya disitu sama piringnya juga jangan lupa..bukan acara makan kalau ga ada piring dan makanannya..hhehe..jadi..ketika sudah selesai makan anaknya diangkat,koran tinggal ditutup beserta ceceran makanannya,buang deh ke sampah..beresss..
Usia 2th mereka mulai diajarkan mandi sendiri,memilih pakaian sendiri walau ga nyambung binti ga matching..siang2 pake piyama..tapi menghargai pilihan anak..saya sih oke oke saja..paling orang nanya belum mandi yah..hehe…diusia ini sudah mulai pakai kaus kaki,sepatu sendiri bahkan mulai diajarkan utk cebok sendiri (jangan lupa dicebok ulang setelah mereka belajar cebok sendiri)..
Untuk hafshah 4th,labib 6th dan umar 8th hampir semua kegiatan mereka lakukan sendiri mandi sendiri,mengambil makan sendiri,makan sendiri,cebok sendiri,membereskan &mencuci bekas makan sendiri,menyiapkan bekal makan minum sekolah sendiri,bantu ummi nyapu,ngepel,sikat kamar mandi,menjemur,melipat baju dan meletakan di loker masing2, khusus utk umar labib sudah saya beri SIM –surat izin memasak- hehhe…jadi ketika mereka lapar mereka bisa menggoreng telur,nugget,tempe ,sendiri tanpa dibantu dari ngocok telur,kasih garam,nyalain kompor sampai matang,masak mie instan,masak air panas utk bikin susu,untuk hafshah belum karena masih tinggian kompor daripada orangnya.,J..
Memang kadang kadang orangtua parno atau bahkan pesimis dengan kemampuan anak bawaannya gemess pengen bantuuu aja..tapi yakinlah anak itu mampu dan bisa karena biasa dan karena kita org tua percaya dan yakin mereka bisa..alhamdulillah dari perjalanan panjang saya utk subject practical life ini membantu amat sangat yang karena satu dan lain hal memutuskan untuk tidak pakai ‘asisten rumah tangga’ lagi..saya hanya dipusingkan dengan pengeluaran..dan mungkin diri saya sendiri…hehhehe…kembali kekhawatiran org tua apalagi soal ke masak,takut anak2 kena minyak dll..umar pernah juga ‘kaget’ karena kena minyak dia sempat mau menangis tapi saya bilang “ tidak apa2 namanya juga belajar,besok lebih hati2,tangan yg kena minyak dikasih air keran dulu biar ga panas” dan tentunya diakhirkan dengan pujian..”masakannya enak banget..” hehhe.. ssssttt..walaupun ini rahasia kalau nuggetnya belom mateng...tanpa sepengetahuan yg masak nuggetnya digoreng ulang…its ok to do white lie..:)
Kadang saya melihat temen saya yang anaknya Cuma 1 atau 2 tapi repotttnya minta ampun..nyuapin,mandiin,pakein baju,bahkan ada yg umur 6th masih dicebokin,-anak saya 3.5th sudah saya benar2 lepas cebok sendiri- pernah saya memberi masukan untuk anaknya dicoba untuk mandiri ,tapi ya responnya kadang ada yang “ah namanya juga anak2,ga akan bersih nyuci piring sendiri” yah kalau masih kotor bisa dicuci ulang....”kalau makan sendiri berantakan”..berantakan tinggal dirapihkan toh bu..bahkan ada teman saya yang bilang kalau anak2 saya dieksploitasi karena bekerja dibawah umur..hihihi…bagaimana mau eksploitasi tak ada uang yang didapat,kadang pekerjaan itu mereka yg minta sendiri,, Alhamdulillah saya walau repoot.. repott..tidak serepot itu walaupun anaknya 4, saya malah lebih repot dengan diri sendiri yang tidak diajarkan practical life waktu saya kecil..masuk dapur aja dilarang,cuci piring apalagi..dari kecil brojol sampai besar tergantung pada org lain entah org tua,pembantu.…nah dari pengalaman itu yang saya bisa kasih ke mereka hanya kepercayaan bahwa mereka mampu dan bisa..memang inti yang penting dari semua itu mereka merasa “dipercaya” bahwa mereka bisa melakukan apa yg orang dewasa lakukan …dan meraka akan menjadi anak yg percaya diri,mandiri dan bertanggung jawab..
masihkah ragu mengajarkan practical life utk anak2???..nnoo!! yuukk makanya bunda bunda kita ajarkan subject practical life ini setiap hari dirumah mulai dari sekarang mulai dari yg mudah…HELP ME TO DO IT MY SELF!!!
Help me to do it my self with practical life (1)
Practical life kalau diartikan ke bahasa Indonesia artinya praktek kehidupan,saya sendiri baru tau ada subject practical life setelah mengajar di sekolah yang berbasis Montessori karena jargon dari Montessori itu sendiri adalah Help me to do it my self,..sebelumnya anak2 saya bersekolah di sekolah islam terpadu disana diistilahkan ketrampilan hidup..sebenarnya apapun bahasa atau sebutannya baik di montessori school atau sekolah islam terpadu pada prakteknya sama saja yaitu kegiatan sehari hari yang selain mengembangkan kemandirian juga motorik kasar dan halus anak DAN tanpa sadar mungkin kita sudah mengajarkan itu pada anak-anak kita dirumah.
Nah untuk yang bahasa njelimetnya ini saya copas dari http://www.montessorimom.com/practical-life/
What is practical life? Basically, it is any physical activity that helps a child grow in motor skills, cognitive development, self confidence and development of his or her own personality, and most of all independence. Any controlled movement of hands, arms, legs, feet, eyes, etc. helps your child achieve independence and mastery of his or her environment. Sitting up, crawling, walking, grasping a toy are practical life skills for infants. Soon, your toddler is ready for new areas to conquer. Dressing, brushing his or her teeth, washing face and hands, eating properly, not slamming the door, manners, and so on are all practical life skills that prepare your child for life. Being able to take care of yourself gives not only self-confidence and freedom, but helps with ones concentration in the mastery of concrete learning that eventually leads to abstract learning, such as reading and math
Pada prakteknya practical life itu banyaaaakk sekali..practical life bisa dimulai dari balita dan dimulai dari hal yang mudah,.makan sendiri,..nah pengalaman saya mengajar playgroup 2-4th yg berbased Montessori ditingkat ini mereka diajarkan untuk pakai celemek sendiri,melepas kaus kaki &sepatu sendiri,meletakan sepatu diraknya sendiri,membawa barangnya(tas/tempat makan/minum) sendiri,cuci tangan sendiri,mengambil makan & makan sendiri,merapikan bekas makan,sikat gigi sendiri,membuka dan memakai baju sendiri –ketrampilan ini banyak subnya memasang kancing jepret,resleting,kancing kecil,baju bertali dll-mandi sendiri,naik tangga sendiri,menyapu dan mengepel,menguleni adonan dll..
Untuk yang tingkat TK lebih banyak lagi macamnya,menuang air dari satu wadah ke wadah lain,menyendok biji2an dari satu wadah ke wadah lain dengan teori dari biji2an di sebelah kiri disendokan ke wadah sebelah kanan,kenapa?karena melewati bodymidlines utk ketrampilan anak mengetahui arah kanan kiri dan juga koordinasi mata dan otaknya,membesihkan meja,membersihkan logam,mengayak,mencuci baju de el el
Untuk tingkat SD makin beragam ..nah saya copas dari situs yang sama seperti di atas ini dia area practical life yang buannyaaak aje..jreng..jreng..cekidoott..
Practical Life Areas
Dressing oneself
Knowing parts of the body
Putting on jacket and zipping it
Hanging jacket on low hook
Putting clean clothes in drawer
Washing hands & drying hands with paper towel & throwing towel away in the trash
Blowing nose and throwing away tissue properly
Table manners
Setting the dinner table
Cleaning up spills with a sponge
Knowing parts of the body
Putting on jacket and zipping it
Hanging jacket on low hook
Putting clean clothes in drawer
Washing hands & drying hands with paper towel & throwing towel away in the trash
Blowing nose and throwing away tissue properly
Table manners
Setting the dinner table
Cleaning up spills with a sponge
Polishing shoes
Fastening clothes on a line with clothes pins or pegs
Using scissors with skill
Washing linen or dolls clothes on a wash board (you can buy these at a hardware store)
Learning home address and phone number
Pouring beans, rice, sugar, etc. without spilling
Pouring liquids without spilling
Sitting on the line
Sitting next to the line
Walking on the line
Carrying objects without dropping them
Carrying liquids without spilling
Walking without knocking into furniture or people
Dancing without knocking into furniture or peopleUsing knives with good control
Fastening clothes on a line with clothes pins or pegs
Using scissors with skill
Washing linen or dolls clothes on a wash board (you can buy these at a hardware store)
Learning home address and phone number
Pouring beans, rice, sugar, etc. without spilling
Pouring liquids without spilling
Sitting on the line
Sitting next to the line
Walking on the line
Carrying objects without dropping them
Carrying liquids without spilling
Walking without knocking into furniture or people
Dancing without knocking into furniture or peopleUsing knives with good control
Cracking nuts
Putting materials, books, and toys away on the shelves
Working carefully and neatly
Dusting and polishing exercises
Sweeping with small broom and dust pan
Flower arranging
Caring for plants
Caring for animals
Folding napkins, towels and own clothing
Simple use of needle and thread
Use of tweezers, tongs, eyedroppers, and locksSpooning exercises
Small hammer and nails to make wood projects out of scrap lumber
Putting materials, books, and toys away on the shelves
Working carefully and neatly
Dusting and polishing exercises
Sweeping with small broom and dust pan
Flower arranging
Caring for plants
Caring for animals
Folding napkins, towels and own clothing
Simple use of needle and thread
Use of tweezers, tongs, eyedroppers, and locksSpooning exercises
Small hammer and nails to make wood projects out of scrap lumber
Weaving and bead stringing
Sorting Beads
Braiding
Stamping
Modeling with clay
Cutting and pasting
Simple cooking and food preparation and baking with mom or dad
Stamping
Modeling with clay
Cutting and pasting
Simple cooking and food preparation and baking with mom or dad
This handy cooking stool makes cooking much easier and enjoyable.
Here are some favorite kitchen activities
Using an old fashioned egg beater or whisk
Sifting flour
Scooping flour, sugar, salt, etc. with large and small scoops washing vegetables and fruit, peeling with a vegetable peeler
Spreading (like peanut butter on a cracker)
Stirring mixture
Basting with a large turkey baster
Using a ladle
Opening and closing lids
Screwing and unscrewing lids on jars
Dish washing and washing table with a sponge
banyak banget kan ..bisa jadi pilihan kegiatan anak sehari hari..cobain yukk..
Sifting flour
Scooping flour, sugar, salt, etc. with large and small scoops washing vegetables and fruit, peeling with a vegetable peeler
Spreading (like peanut butter on a cracker)
Stirring mixture
Basting with a large turkey baster
Using a ladle
Opening and closing lids
Screwing and unscrewing lids on jars
Dish washing and washing table with a sponge
Tuesday, April 26, 2011
ummi..jelaskan arti namaku?
Sudah 1 minggu ini di komplek griya ihsani ada lagi kegiatanFAS,setelah dulu sempat ada dan kemudian vakum beberapa lama.Tak ada yang berbeda FAS yang dulu dengan yang sekarang hanya saja yang sekarang lebih tersusun acaranya..lebih rutin..bertema dan terkonsep walau tidak seperti sekolah formal yg sudah ada patokan kurikullum dan SOPnya.Karena kegiatan ini dimaksudkan awalnya utk bikin satu kegiatan bersama utk teman2 yg homeschooling dikomplek griya ihsani 1..ada rafid hamza,nabila,aika,ada juga naufal,ahnaf,rafi,fahim,nau,azmi n anas,saski,aira,labib dan hafshah..yang karena satu dan lain hal ogah sekolah lagi walau masih tercatat sebagai murid di TK-PG Rahmania
nah susunan kegiatannya bisa ditulis seperti ini
jam 8.00 - movement,brain gym,opening,morning talk,silence game
jam 8.40 - short story telling
8.40- kegiatan inti
9.20- evaluasi hasil karya anak2
9.45 -pulang
jam tdk mengikat hanya untuk gambaran kira2 begitulah susunan kegiatannya..
saya kebagian pegang 'Brain Gym plus opening' karena pernah punya pengalaman ngajar playgroup yang memasukkan brain bym sebagai kegiatan wajibnya..setelah brain gym saya mengabsen anak2 dengan cara ketika saya panggil nama panggilannya dan ia menjawab dengan nama panjangnya,tujuannya agar anak tahu nama panjangnya bukan hanya saja..misal "labib!" yang punya nama akan menjawab " Muhammad Suhayl Labiib"..dan subhanallah nama anak2 di griya ihsani panjang panjang loh...hehhe termasuk nama anak saya..bukan cuma panjang tapi indah sekali..diakhir absen saya berkata " nama kalian bagus2 sekali..nanti dirumah tanya yah sama bunda,ayah,umi,mama arti namanya.."..belom apa2 labiib udah interupsi 'mi..namaku apa artinya.."..padahal kayanya udah berkali2 dijelaskan arti namanya..capee dehh..
okey,sampai dirumah ketika anak2 duduk melingkar u makan berjamaah sore saya jelaskan (lagi..lagi..) berharap tidak ditanya lagi besok2..ini rahasia kenapa saya males jawab soalnya diakhirnya mereka selalu nanya arti nama julaiha apa..dan saya jawab ga tau ngkong yg kasih nama..dan parahnya ngkongnya yang notabene bapak saya ga tau juga!!. dan mereka hanya bilang.."oo nama julaiha ga ada artinya..cuma nama thok ya mi.."..yang punya nama cuma bisa senyum kecut.."he eh"...ini bukan contoh yang patut ditiru anak-anak!..walaupun ada cerita yg melegenda dari nama zulaikha yaitu sebagai ratu yg mengoda nabi yusuf dan saya sangat tidak bangga dengan itu,..*fhuuwww.
Muhammad Umar Fayshol
Muhammad > dari nama Rasulullah,insan terbaik sepanjang zaman Muhammad,kenapa dia disebut insan terbaik karena akhlaknya Alquran
Umar > dari umar ibn khatab,seorang sahabat yg pemberani,keras terhadap kemaksiatan tapi lembut hatinya
Fayshol>artinya pedang tajam,yaitu org yang bisa membedakan mana yg baik dan mana yang buruk
Jadi doa dari nama mu adalah semoga engkau menjadi seperti nabi Muhammad yang berakhlak alquran,seperti umar ibn khatab yang keras tapi lembut hatinya bisa membedakan mana yang baik dan buruk
Muhammad Suhayl Labiib
Muhammad> sama seperti tadi diatas
Suhayl > dari naba shahabat Suhayl ibn amru,yang artinya juga kelapangan.
Labiib > adalah mufrod dari albab yaitu orang yang berpikir
Jadi doa dari namamu adalah semoga engkau menjadi seperti nabi yg berakhlak alquran,berani seperti suhayl yg berani menjemput syahid dan berpikir tentang kekuasaan Allah
Hafshah Tsurayya
Hafshah > dari nama shahabiyah Hafshah bint umar ibn khatab
,wanita yg memegang kumpulan mushaf alquran sebelum dibukukan,beliau juga salah satu ummul mukminin istri nabi Muhammad
Tsurayya >artinya bintang kejora
Jadi arti namamu nak agar semoga engkau seperti hafshah bint umar yg mencintai agama ini sepenuh hati dan jiwa dan engkau menjadi bintang kejora bagi orangtua dan orang lain..bersinar terang walaupun gelap gulita
Fathimah Shofi faqiha
Fathimah > Nama putri nabi Muhammad yang tak terkira luhur budi pekerti dan kecintaannya pada sang ayah..dan nabi muhammad pun sangat sayang padanya hingga nabi berkata "jika ada yg menyakiti fathimah itu artinya menyakiti aku juga"
Shofi >cerah ..
Faqiha > wanita yang faham agama
jadi doa namamu adalah semoga engkau seperti fathimah azzahra sang penghulu dari kaum muslimah disyurga yang sangat cinta agama dan nabi Muhammad,faham agama dan cerah seperti cerahnya pagi ketika ummimu melahirkanmu..
"Dan para shahabat semua itu adalah penghafal Alquran..semoga kalian jadi penghafal Alquran" cerita saya akhirkan dan anak2 pun "ooo" sambil sumringah ..terlihat hati mereka penuh dengan perasaan bangga..yang saya harap bukan bangga yang terlarang tapi saya harap bangga yang akhirnya menjadikan motivasi mereka untuk menjadi seperti yg didoakan dan menjadikan nabi dan para shahabat sebagai idola..walaupuunnn tak berselang lama cerita itu diakhirkan..."miii...masa hafshah bint umar ngambekan".."mii ..masa umar bin khatabnya penakut sihh..".."mii ..aku mau sholat digangguin sama suhail bin amru nih"...haa..dasar anak anak.....
nah susunan kegiatannya bisa ditulis seperti ini
jam 8.00 - movement,brain gym,opening,morning talk,silence game
jam 8.40 - short story telling
8.40- kegiatan inti
9.20- evaluasi hasil karya anak2
9.45 -pulang
jam tdk mengikat hanya untuk gambaran kira2 begitulah susunan kegiatannya..
saya kebagian pegang 'Brain Gym plus opening' karena pernah punya pengalaman ngajar playgroup yang memasukkan brain bym sebagai kegiatan wajibnya..setelah brain gym saya mengabsen anak2 dengan cara ketika saya panggil nama panggilannya dan ia menjawab dengan nama panjangnya,tujuannya agar anak tahu nama panjangnya bukan hanya saja..misal "labib!" yang punya nama akan menjawab " Muhammad Suhayl Labiib"..dan subhanallah nama anak2 di griya ihsani panjang panjang loh...hehhe termasuk nama anak saya..bukan cuma panjang tapi indah sekali..diakhir absen saya berkata " nama kalian bagus2 sekali..nanti dirumah tanya yah sama bunda,ayah,umi,mama arti namanya.."..belom apa2 labiib udah interupsi 'mi..namaku apa artinya.."..padahal kayanya udah berkali2 dijelaskan arti namanya..capee dehh..
okey,sampai dirumah ketika anak2 duduk melingkar u makan berjamaah sore saya jelaskan (lagi..lagi..) berharap tidak ditanya lagi besok2..ini rahasia kenapa saya males jawab soalnya diakhirnya mereka selalu nanya arti nama julaiha apa..dan saya jawab ga tau ngkong yg kasih nama..dan parahnya ngkongnya yang notabene bapak saya ga tau juga!!. dan mereka hanya bilang.."oo nama julaiha ga ada artinya..cuma nama thok ya mi.."..yang punya nama cuma bisa senyum kecut.."he eh"...ini bukan contoh yang patut ditiru anak-anak!..walaupun ada cerita yg melegenda dari nama zulaikha yaitu sebagai ratu yg mengoda nabi yusuf dan saya sangat tidak bangga dengan itu,..*fhuuwww.
Muhammad Umar Fayshol
Muhammad > dari nama Rasulullah,insan terbaik sepanjang zaman Muhammad,kenapa dia disebut insan terbaik karena akhlaknya Alquran
Umar > dari umar ibn khatab,seorang sahabat yg pemberani,keras terhadap kemaksiatan tapi lembut hatinya
Fayshol>artinya pedang tajam,yaitu org yang bisa membedakan mana yg baik dan mana yang buruk
Jadi doa dari nama mu adalah semoga engkau menjadi seperti nabi Muhammad yang berakhlak alquran,seperti umar ibn khatab yang keras tapi lembut hatinya bisa membedakan mana yang baik dan buruk
Muhammad Suhayl Labiib
Muhammad> sama seperti tadi diatas
Suhayl > dari naba shahabat Suhayl ibn amru,yang artinya juga kelapangan.
Labiib > adalah mufrod dari albab yaitu orang yang berpikir
Jadi doa dari namamu adalah semoga engkau menjadi seperti nabi yg berakhlak alquran,berani seperti suhayl yg berani menjemput syahid dan berpikir tentang kekuasaan Allah
Hafshah Tsurayya
Hafshah > dari nama shahabiyah Hafshah bint umar ibn khatab
,wanita yg memegang kumpulan mushaf alquran sebelum dibukukan,beliau juga salah satu ummul mukminin istri nabi Muhammad
Tsurayya >artinya bintang kejora
Jadi arti namamu nak agar semoga engkau seperti hafshah bint umar yg mencintai agama ini sepenuh hati dan jiwa dan engkau menjadi bintang kejora bagi orangtua dan orang lain..bersinar terang walaupun gelap gulita
Fathimah Shofi faqiha
Fathimah > Nama putri nabi Muhammad yang tak terkira luhur budi pekerti dan kecintaannya pada sang ayah..dan nabi muhammad pun sangat sayang padanya hingga nabi berkata "jika ada yg menyakiti fathimah itu artinya menyakiti aku juga"
Shofi >cerah ..
Faqiha > wanita yang faham agama
jadi doa namamu adalah semoga engkau seperti fathimah azzahra sang penghulu dari kaum muslimah disyurga yang sangat cinta agama dan nabi Muhammad,faham agama dan cerah seperti cerahnya pagi ketika ummimu melahirkanmu..
"Dan para shahabat semua itu adalah penghafal Alquran..semoga kalian jadi penghafal Alquran" cerita saya akhirkan dan anak2 pun "ooo" sambil sumringah ..terlihat hati mereka penuh dengan perasaan bangga..yang saya harap bukan bangga yang terlarang tapi saya harap bangga yang akhirnya menjadikan motivasi mereka untuk menjadi seperti yg didoakan dan menjadikan nabi dan para shahabat sebagai idola..walaupuunnn tak berselang lama cerita itu diakhirkan..."miii...masa hafshah bint umar ngambekan".."mii ..masa umar bin khatabnya penakut sihh..".."mii ..aku mau sholat digangguin sama suhail bin amru nih"...haa..dasar anak anak.....
Wednesday, April 20, 2011
kenapa harus tahsin?
Tahsin??..sebagian dari kita mungkin sudah ga asing dengan ini,kakaknya si tajwid,tahfiz itu loh..hehhe. Secara bahasa, istilah tajwid yang disamakan dengan tahsin ini memiliki arti yang sama, yaitu membaguskan. Para ulama memberikan batasan mengenai istilah ini, yaitu “mengeluarkan huruf-huruf al-Quran dari tempat-tempat keluarnya (makharij huruf dengan memberikan hak dan mustahaknya. Yang dimaksud dengan hak adalah menegaskan huruf disertai dengan penerapan sifat-sifatnya seperti mengalirnya nafas atau sebaliknya (hams dan Jahr) atau menebalkan huruf tertentu dengan cara mengangkat pangkal lidah atau menipiskannya (Isti’la dan Istifal) yang keseluruhan sifat huruf tersebut berjumlah 17 sifat. Adapun yang dimaksud dengan mustahak adalah mengaplikasikan sifat-sifat tambahan disebabkan misalnya terjadinya pertemuan huruf tertentu dengan huruf lainnya seperti idgham, ikhfa, iqlab atau mengaplikasikan kesempurnaan konsistensi tanda panjang sesuai dengan tuntutannya. Untuk mencapai kesempurnaan penguasaan ilmu ini secara teori dan praktek, setiap muslim dituntut untuk mengoptimalkan usaha melalui latihan-latihan dan praktek membaca yang senantiasa didampingi oleh orang yang dianggap sudah baik bacaannya. Bagi sebagian orang ada yang mendapatkan kemudahan untuk menguasainya namun ada juga yang merasa kesulitan karena ia belum terbiasa mengucapkan kata-kata selain bahasa yang dikuasainya.wah dari pemaparan awal aja kayanya ribet banget yah..kita baca dulu lanjutannya ya..cekidot
Al-Quran memiliki fungsi utama yaitu sebagai kitab petunjuk ‘huda’, petunjuk utama yang mengarahkan kehidupan setiap manusia yang siap berserah diri kepada Allah Swt (muslim) agar segala hakikat kemaslahatannya tercapai dengan gemilang baik dalam kehidupan dunia maupun akhirat,itulah fungsi yang ditegaskan sendiri oleh al-Quran. Atas dasar ini, kiranya logis kalau setiap muslim merasa dirinya wajib membaca dan menyelami kandungan maknanya agar mencapai pengamalan yang sempurna dan mendapatkan ridla Allah Swt, apalagi al-Quran sendiri menegaskan maksud dari diturunkannya agar mampu ditadabburi dan diamalkan dengan sempurna, Allah Swt berfirman, QS Shaad (38) : 29:
كتب أنزلنه إليك مبرك ليدبروا ءايته وليتذكروا أولوا الألباب
Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran
Dari 'image' yg ribet ini pada akhirnya banyak orang yang mengambil kesimpulan paling penting dalam membaca al-Quran adalah berusaha memahaminya agar mampu diamalkan, bahkan sebagian ada yang berpendapat bahwa kesempurnaan membaca al-Quran dengan menerapkan tajwid atau tahsinnya adalah pelengkap saja atau sekedar hiasan (aksesoris), maka mencapai kesempurnaan membacanya bukanlah suatu prioritas yang diutamakan.
Pendapat di atas tidak ada salahnya, namun kiranya perlu dipahami secara seimbang dan komprehensif, jangan sampai alasan yang disampaikan bukan menguatkan pendapat di atas malah menegaskan kelemahan penyampai argumen yang alasannya cenderung diada-adakan. Bukankah membaca al-Quran dengan mempraktikkan kaidah-kaidah tahsin atau tajwidnya merupakan pengamalan yang harus dilaksanakan sebagai konsekwensi pemahaman ayat al-Quran yang memerintahkannya? Dan kalau diperhatikan, ada beberapa hal yang menyebabkan kita harus ‘tahsin’ dalam membaca al-Quran :
<!
> Perintah Allah Swt.
Allah Swt memerintahkan dalam QS. Al-muzzammil : (4) : (ورتل القرءان ترتيلا), dan bacalah Al-Quran dengan tartil.Para ulama telah sepakat bahwa yang dimaksud dengan tartil adalah membaca dengan pelan-pelan, penuh ketenangan dan perhatian yang serius dengan memperjelas pengucapan huruf-hurufnya. Ali Ibn Abi Thalib menyimpulkan makna tartil dengan ungkapan yang cerdas“ tajwiidul huruf wa ma’rifatul wuquf”, men-tajwid-kan/membaguskan pengucapan huruf-hurufnya serta mengetahui tempat-tempat berhentinya. Bukankah seseorang yang membaca al-Quran dengan sempurna dan mengetahui kapan ia harus memulai dan memberhentikan bacaannya sesuai dengan ‘titik- komanya’ karena ia paham dari apa yang dibacanya? Perintah membaca al-Quran dengan tartil lebih ditegaskan lagi dalam pemahaman ayat di atas ketika kata perintah ‘rattil’ terulang kembali dalam bentuk mashdar ‘tartila(n)’, yang mengesankan makna adanya perhatian yang besar mengenai terealisasinya perintah Allah ini, pengagungan terhadap obyeknya yaitu Al-Quran, dan besarnya pahala yang Allah berikan kepada para pelaksana perintah ini.
<
R Refleksi keimanan setiap hamba yang taat.
Allah Swt berfirman dalam QS. Al-baqarah : 121,
الذين ءاتيناهم الكتاب يتلونه حق تلاوته أوالئك يؤمنون به ومن يكفر به فأولئك هم الخاسرون
orang-orang yang telah Kami berikan al-Kitab kepadanya, mereka membacanya dengan bacaan yang sebenarnya, mereka itu beriman kepadanya. Dan barang siapa yang ingkar kepadanya, mereka itulah orang-orang yang merugi.
Mengikuti jejak Rasulullah, para sahabat dan pewarisnya yang mendambakan surga.
Banyak hadis serta atsar sahabat yang menjelaskan keutamaan orang-orang yang senantiasa berinteraksi dengan al-Quran mulai dari memelihara kesempurnaan bacaannya hingga menghafalnya, namun cukuplah satu hadis Rasul yang menegaskan para ahli al-Quran adalah orang-orang yang terbaik. Rasulullah Saw bersabda :
خيركم من تعلم القرءان و علمه (رواه البخاري)
Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya ( HR. Imam Bukhari)
Sebagaimana dalam hadis di atas, Rasulullah menegaskan bahwa kedudukan seseorang menjadi yang terbaik ditunjukkan di antaranya dengan dua aktivitas utama ketika berinteraksi dengan al-Quran, yaitu belajar dan mengajarkan. Memang, untuk mencapai manfaat maksimum dari Kitab Allah ini adalah dengan melaksanakan dua aktivitas tersebut, dengan demikian terbukalah pintu-pintu kebaikan lainnya. Belajar adalah syarat utama untuk mencapai puncak ilmu dengan segala persyaratannya yang harus dilakukan, mengajarkan adalah memberikan kemanfaatan terhadap orang lain dari apa yang dipelajarinya di samping sebagai kontrol terhadap dirinya agar melaksanakan setiap ilmu yang dipelajarinya jauh sebelum ia ajarkan kepada orang lain.
Memelihara al-Quran dari kesalahan yang tidak layak.
Para ulama tajwid membagi 2 kesalahan dalam membaca al-Quran,
Kesalahan pertama adalah lahn Jaliyy, yaitu kesalahan yang mudah diketahui seperti pengucapan huruf ش yang dibaca dengan huruf س dalam lafazh شكر , tentunya kesalahan ini tanpa disadari telah merubah huruf al-Quran sehingga dihukumi sebagai kesalahan fatal yang menyebabkan keharaman apalagi kalau sampai merubah maknanya.
Kesalahan kedua adalah yang disebut dengan lahn khofiy, kesalahan yang diketahui oleh orang-orang tertentu diantaranya oleh orang-orang yang memahami ilmu tajwid al-Quran. Kesalahan ini berkisar pada ketidakmampuan menerapkan kaidah hukum seperti idgham, ikhfa, iqlab dan lainnya. Kesalahan ini tergolong ringan sehingga sebagian menghukuminya makruh namun ada pula yang mengharamkannya sebab dengan demikian telah ikut merusak keindahan al-Quran.
Dengan mempelajari ‘tahsin’ maka dipandang adanya usaha dari kita untuk membebaskan diri dari perangkap kesalahan ini dan berharap agar Allah senantiasa mengampuni ketidakmampuan untuk mencapai kesempurnaannya setelah berusaha secara maksimum.
<!
Menuju kesempurnaan ridla Allah Swt.
Pelaksanaan ibadah kepada Allah Swt adalah dengan segenap perbuatan,ucapan, bahkan lintasan hati yang diorientasikan kepada Allah Swt dengan mengharapkan keridlaan-Nya. Agar sampai pada keridlaan-Nya, pelaksanaan ibadah yang dilandaskan pada perintah dan larangan-Nya. Keseriusan kita dalam mempelajari dan mengamalkan membaca al-Quran dengan segala kesempurnaannya karena dilandasi keyakinan akan jaminan Allah dan Rasul-Nya akan mengantarkan pada golongan para ahli al-Quran yang disanjung oleh Allah dan Rasul-Nya, Rasulullah Saw bersabda; “orang yang membaca al-Quran dan ia pandai dalam membacanya, ia akan bersama para malaikat yang menjadi utusan yang mulya lagi suci, sedangkan orang yang membaca al-Quran namun terbata-bata, kesulitan serta kesukaran dalam membacanya, ia akan memperoleh dua pahala.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Semua kesulitan dan peluh kita insya Allah ada kebaikan didalamnya.Judul ini ditulis juga untuk 'membakar' saya juga yang 'kembali'belajar tahsin lagi...dulu waktu SMA pernah tahsin..perasaan waktu itu gampang2 aja..udah lama ga dipraktekin dan ilmu itu pun menguap..huaa....sekarang belajar lagi dan ya ampuuuunnn..awal2 udh bilang ko suseh sih nga kaya waktu itu belajar...udh sampai sakit2 tenggorokan hhehhe..padahal mah sama aja materinya,cuma mungkin waktu sma belum banyak cabang tanggung jawabnya jadilah saat ini ibu beranak 4 ini kesulitan. Kadang pengen 'stop'aja..tapi..saya ga mau kalah sama syaitan..umur ini harus digunakan untuk yg bermanfaat sebagai tanda cinta saya yang mati pada agama ini.Semoga selalu di rahmati Allah. Semoga 'membakar ' kalian juga...kalau bukan kita pemeluk agama ini yg memahami kitab sucinya..siapa lagi ??
daftar pustaka : http://www.maqdis.org/
daftar pustaka : http://www.maqdis.org/
Subscribe to:
Posts (Atom)