Saturday, May 14, 2011

10 curahan hati anak

Ini sebenarnya posting lama yang ada di blog lama saya ..hanya ingin menginggatkan saya kembali..

10 AMANAT ANAK KEPADA BUNDA DAN AYAH
diterjemahkan oleh Ery Soekresno,Psi


1. Tanganku kecil, tolong jangan menilaiku terlalu sempurna saat aku sedang membereskan tempat tidurku, menggambar atau melempar bola. Kakiku masih pendek, tolong jangan terlalu cepat berjalan agar aku dapat berjalan bersama Bunda dan Ayah.

2. Mataku tidak seperti Bunda dan Ayah. Aku belum melihat semua hal didunia ini, beri aku kesempatan untuk menjelajahi dunia dengan aman dan jangan larang aku kalau tidak perlu sekali.



3. Aku tahu ada banyak pekerjaan dirumah dan dikantor yang harus Bunda dan Ayah kerjakan. Aku tidak akan lama menjadi anak kecil, tolong berikan aku waktu dan perhatian untuk menjelaskan tentang dunia yang indah dan lakukanlah dengan sepenuh hati.

4. Perasaanku lembut. Perlakukanlah aku sebagaimana Bunda dan Ayah ingin diperlakukan oleh orang lain.Jangan marah padaku sepanjang hari. Aku ingin Bunda dan Ayah sensitif dengan kebutuhanku.

5. Aku adalah hadiah dari Allah untuk Bunda dan Ayah. Perlakukan aku sesuai dengan kehendak Allah, arahkan ,bimbing dan siapkan diriku untuk dapat menghadapi masa depanku yang tidak sama dengan zamanmu.berikan aku aturan, penghargaan dan konsekwensi (bukan hukuman tanpa penjelasan yang membuat aku dendam) atas perbuatanku yang salah sehingga aku mengerti mana yang benar dan salah.

6. Aku membutuhkan dukungan dan dorongan Bunda dan Ayah untuk tumbuh dan berkembang secara optimal bukan hanya kritikan. Bunda dan Ayah dapat mengkritik perbuatanku tanpa harus membenci aku.

7. Berikan aku kesempatan berlatih mengambil keputusan utuk diriku sendiri. Ijinkan aku mengalami kegagalan atau berbuat kesalahan sehingga aku dapat belajar dari hal itu.Bantu aku untuk mengatasi kegagalan dan memperbaiki kesalahan sehingga dimasa depan aku sudah siap mengambil keputusan yang tepat untuk hidupku.

8. Jangan lakukan semuanya untukku karena aku akan merasa bahwa apa yang aku lakukan tidak memenuhi standar atau harapan Ayah dan Bunda.Tolong jangan bandingkan aku dengan anak lain atau dengan saudara kandungku

9. Jangan takut meninggalkan aku jika memang Ayah dan Bunda perlu pergi berdua. Anak anak juga butuh liburan tanpa Ayah Bunda sama seperti Bunda dan Ayah yang membutuhkan liburan tanpa anak-anaknya.







Semoga dapat menjadi bahan perenungan hati dalam mendidik generasi harapa

No comments:

Post a Comment