Sunday, May 1, 2011

help me to do it my self with practical life (2)

Sekarang cerita ke kehidupan nyata ..bagaimana saya menerapkan subject practical life untuk ke empat krucil dirumah…dan semua dimulai dari yang mudah yaitu makan sendiri..dari mereka umur 1th saya biasakan mereka makan sendiri walaupun amat sangat berantakan sekali bangettt….tapi saya punya triknya..berhubung saya ga punya high chair..saya buka koran melebar..saya dudukan anak saya disitu sama piringnya juga jangan lupa..bukan acara makan kalau ga ada piring dan makanannya..hhehe..jadi..ketika sudah selesai makan anaknya diangkat,koran tinggal ditutup beserta ceceran makanannya,buang deh ke sampah..beresss..
Usia 2th mereka mulai diajarkan mandi sendiri,memilih pakaian sendiri walau ga nyambung binti ga matching..siang2 pake piyama..tapi menghargai pilihan anak..saya sih oke oke saja..paling orang nanya belum mandi yah..hehe…diusia ini sudah mulai pakai kaus kaki,sepatu sendiri bahkan mulai diajarkan utk cebok sendiri (jangan lupa dicebok ulang setelah mereka belajar cebok sendiri)..
Untuk hafshah 4th,labib 6th dan umar 8th hampir semua kegiatan mereka lakukan sendiri mandi sendiri,mengambil makan sendiri,makan sendiri,cebok sendiri,membereskan &mencuci bekas makan sendiri,menyiapkan bekal makan minum sekolah sendiri,bantu ummi nyapu,ngepel,sikat kamar mandi,menjemur,melipat baju dan meletakan di loker masing2, khusus utk umar labib sudah saya beri SIM –surat izin memasak- hehhe…jadi ketika mereka lapar mereka bisa menggoreng telur,nugget,tempe ,sendiri tanpa dibantu dari ngocok telur,kasih garam,nyalain kompor sampai matang,masak mie instan,masak air panas utk bikin susu,untuk hafshah belum karena masih tinggian kompor daripada orangnya.,J..
Memang kadang kadang orangtua parno atau bahkan pesimis dengan kemampuan anak bawaannya gemess pengen bantuuu aja..tapi yakinlah anak itu mampu dan bisa karena biasa dan karena kita org tua percaya dan yakin mereka bisa..alhamdulillah dari perjalanan panjang saya utk subject practical life ini membantu amat sangat yang karena satu dan lain hal memutuskan untuk tidak pakai ‘asisten rumah tangga’ lagi..saya hanya dipusingkan dengan pengeluaran..dan mungkin diri saya sendiri…hehhehe…kembali kekhawatiran org tua apalagi soal ke masak,takut anak2 kena minyak dll..umar  pernah juga ‘kaget’ karena kena minyak dia sempat mau menangis tapi saya bilang “ tidak apa2 namanya juga belajar,besok lebih hati2,tangan yg kena minyak dikasih air keran dulu biar ga panas” dan tentunya diakhirkan dengan pujian..”masakannya enak banget..” hehhe.. ssssttt..walaupun ini rahasia kalau nuggetnya belom mateng...tanpa sepengetahuan yg masak nuggetnya digoreng ulang…its ok to do white lie..:)
Kadang saya melihat temen saya yang anaknya Cuma 1 atau 2 tapi repotttnya minta ampun..nyuapin,mandiin,pakein baju,bahkan ada yg umur 6th masih dicebokin,-anak saya 3.5th sudah saya benar2 lepas cebok sendiri- pernah saya memberi masukan untuk anaknya dicoba untuk mandiri ,tapi ya responnya kadang ada yang “ah namanya juga anak2,ga akan bersih nyuci piring sendiri” yah kalau masih kotor bisa dicuci ulang....”kalau makan sendiri berantakan”..berantakan tinggal dirapihkan toh bu..bahkan ada teman saya yang bilang kalau anak2 saya dieksploitasi karena bekerja dibawah umur..hihihi…bagaimana mau eksploitasi tak ada uang yang didapat,kadang pekerjaan itu mereka yg minta sendiri,, Alhamdulillah saya walau repoot.. repott..tidak serepot itu walaupun anaknya 4, saya malah lebih repot dengan diri sendiri yang tidak diajarkan practical life waktu saya kecil..masuk dapur aja dilarang,cuci piring apalagi..dari kecil brojol sampai besar tergantung pada org lain entah org tua,pembantu.…nah dari pengalaman itu yang saya bisa kasih ke mereka hanya kepercayaan bahwa mereka mampu dan bisa..memang inti yang penting dari semua itu mereka merasa “dipercaya” bahwa mereka bisa melakukan apa yg orang dewasa lakukan …dan meraka akan menjadi anak yg percaya diri,mandiri dan bertanggung jawab..
masihkah ragu mengajarkan practical life utk anak2???..nnoo!! yuukk makanya bunda bunda kita ajarkan subject practical life ini setiap hari dirumah mulai dari sekarang mulai dari yg mudah…HELP ME  TO DO IT MY SELF!!!

No comments:

Post a Comment