Tuesday, February 5, 2013

air mata ibu

Sudah lebih dari 3 minggu dan nampaknya air mata saya tidak menampakkan tanda tanda kering,air mata masih saja mengalir deras jika menginggat rumaysha..padahal ayah sudah mulai bosan nampaknya menasihati saya.."rumaysha sudah ada yg ngurus,jangan ditangisi terus".."aku masih punya 4 anak,kalau kamu mau mikirin rumaysha ..dia udh diurus sama yg punya..." bukan tanpa alasan ayah marah,karena memang karena terlalu larut dlm sedih saya ga mau makan,anak2 juga dicuekin,seharian saya hanya ditempat tidur sesunggukan sendiri...

baru benar2 merasakan kalau kehilangan org yg dikasihi itu benar2 sakiiit,seperti hilang separuh jiwa kita...separuh hati..

Sebelumnya saya pernah kehilangan 2 nenek 2 kakek saya,saat mereka meninggal saya sediih,saya menangis..saya teringat bagaimana mereka memanjakan kami cucu2nya..waktu saya kecil setiap liburan sekolah saya menginap di rumah mak nde-panggilan utk nenek- di sebuah desa di tangerang..pagi2 saya bangun mak nde pasti sedang menyapu halaman,melihat saya bangun mak nde akan langsung membelikan saya nasi uduk utk sarapan..nasi uduk yg paling enak menurut saya..setelah sarapan biasanya saya akan mengikuti kemana mak nde pergi..masak didapur saya akan ikut duduk dekat tungku kayu..memainkan api...mak nde k kandang ayam saya ikut..nyuci ke sumur yg jaraknya sekitar 200-300m dari rumah saya ikut..ketika saya menikah mak nde juga ada..lahir anak pertama ,umar,mak nde mulai sakit2an..beliau meninggal ketika umar bs berjalan sekitar 1thn-an..saya sangat kehilangan..saat mak kolot -nenek dari abah-meninggalpun saya menangis sedih..walau tdk terlalu dekat..hanya sedih saya tdk terlalu lama ..sekitar 1 minggu an semua sudah kembali normal lagi..

Kehilangan selanjutnya kakak laki2 saya,kak aeng..saat itu saya sedang hamil anak kedua saya,labib,..saya sedang dirumah eyang dipurwakarta saat tau kak aeng kecelakaan motor yg mengakibatkan kepala belakangnya terbentur keras k aspal..ketika dapat kabar kak aeng kecelakaan besoknya sayasdh berencana mau pulang k rumah ibu di jelambar,rencana pagi mau pulang habis mandi umar ko tidur lagi dan saya ikut juga ketiduran..siang2 ditelpon dikabari kak aeng sudah meninggal langsung saya menangis keras...dalam perjalanan purwakarta-jakarta tak henti2nya saya menangis..sampai dirumah ibu kembali saya menangis keras..ibu saya juga menangis..ketika mayat datang dari RS rasanya periih sekali saya blm sempat menengok abang saya itu..teringat beberapa hari sebelumnya saya diantar olehnya k kampung rambutan,memang pada hari itu entah kenapa saya ingin memeluk dia tp karena malu saya urungkan..

Sampai beberapa hari setelah meninggalnya,saya melihat ibu saya kadang diam termenung sendiri dalam hujan air mata..matanya selalu melihat ke arah tangga berharap kak aeng turun dari kamar katanya..sekitar 1 minggu setelah kepergiannya baru ibu berani masuk kamar kak aeng,membereskan beberapa barang2nya..membuang yg tidak perlu..ibu saya juga menjual motor kesayangan kak aeng..karena katanya kalau melihat malah jadi keingetan..sampai 2 minggu kepergian ibu masih suka bengong termenung sendiri,pas  2minggu setelah kepergian kak aeng saya melahirkan labib,dan labib jd 'obat'tersendiri buat ibu saya saat itu...sudah 8thn sejak kepergiannya dan saya suka menangis,menyesali kenapa saya tdk memeluknya di saat terakhir,kenapa saya ketiduran hingga tdk sempat menengoknya di rumah sakit

Dan sekarang saya alami dan saya rasakan sendiri,kadang saya masih merasa ini mimpi buruk,yang saya mau ketika saya bangun dan saya masih dalam keadaan hamil dan merasakan gerakannya..masih merasakan sakit punggung,kram kaki...tapi ketika saya bangun tak ada dia di perut saya,tak ada dia di samping saya..2 loker baju sdh diisi baju2 bayi pun tak pernah terpakai..dunia seperti bukan yg dulu lagi..dunia yg sekarang lebih senyap..saya bertanya ke teman2 saya yg pernah 'kehilangan' buah hatinya..berapa lama mereka recovery..ada yg 1th,1 bln,4bulan,bahkan ada yg 4tahun tapi masih suka menangis..aaaah..saya kembali menangis...begitu eratnya ikatan seorang ibu-anak,.yg disambungkan oleh tali pusat dan rahmah kasih sayang yg Allah berikan kepada seorg ibu..

Entah kapan air mata ini akan berhenti utk menangis karena rindu rumaysha..semoga tsunami di hati ini segera berlalu dan ummi bisa kembali tersenyum walau tanpa ada rumaysha di dunia..dunia ini hanya perjalanan,senda gurau,cepat atau lambat umi akan menyusul rumaysha...ummi kangen..

No comments:

Post a Comment