Wednesday, February 13, 2013

life is a game

hidup adalah perjalanan, kematian bukan akhir tapi awal dari pertanggung jawaban

Ketika ada yang meninggal di lingkungan saya,nenek,kakek,tetangga,teman ,saya bersedih tapi hanya sesaat paling 1minggu dan semua kembali normal seperti biasa..yang paling lama mungkin ketika kakak kandung saya meninggal 8tahun lalu..tapi itu juga tidak lama,..karena 2mg setelahnya saya melahirkan labib,dan labib 'obat pelipur hati' kala itu

Kejadian 1 bulan lalu,ketika anak yg saya lahirkan meninggal itu benar2 menguncang seluruh jiwa saya,rasanya seperti separuh dari hati ini diambil paksa,,,sakiit,,periih..pilu...walau saya tahu bayi yg saya lahirkan bukan milik saya,bayi itu mutlak milik Allah....

Berhari hari saya menangis,menghibur diri dengan ayat ayat Allah,sharing dengan yang pernah mengalami dan memang kasih sayang ibu itu rahmat dari Allah,mudah bagi seorang anak melupakan ibunya ketika dia sudah dewasa,sibuk dengan hiruk pikuk dunia tapi bagi seorang ibu sulit sekali,dari beberapa teman ada yang bisa kembali normal sambil sesekali menangis jika rindu butuh waktu 1 bln,9 bln,1 tahun bahkan ada yg 3tahun..

Planning birth yang saya buat sudah sangat detil menurut saya,dari plan A homebirth ,backup plan B bidan,C caesar,sampai plan D jika saya meninggal,tidak ada plan E bagaimana kalau bayi saya meninggal..ternyata Allah the best planner...dan kejadian itu menyadarkan saya yg terlena dunia,'hey sungguh kematian itu dekat..apa yang sudah kamu siapkan utk pertanggung jawabanmu'....pdhl kalau plan D yg terjadi..saya akan sangat malu menghadap Allah dengan amal saya yg seuprit...

Diingatkan kembali dengan ayat ini

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ
مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ
Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur. Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu. (QS, 57:20)

سَابِقُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاء وَالْأَرْضِ أُعِدَّتْ لِلَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَاء وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ
Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. (QS, 57:21)

مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauh Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (QS, 57:22)

لِكَيْلَا تَأْسَوْا عَلَى مَا فَاتَكُمْ وَلَا تَفْرَحُوا بِمَا آتَاكُمْ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ
(Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri, (QS, 57:23)

الَّذِينَ يَبْخَلُونَ وَيَأْمُرُونَ النَّاسَ بِالْبُخْلِ وَمَن يَتَوَلَّ فَإِنَّ اللَّهَ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ
(yaitu) orang-orang yang kikir dan menyuruh manusia berbuat kikir. Dan barangsiapa yang berpaling (dari perintah-perintah Allah) maka sesungguhnya Allah Dia-lah Yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji. (QS, 57:24)

Siapkah saya,kamu,kita jika permainan kita di dunia ini berakhir? karena kematian tdk pernah menunggu kesiapanmu,, apa amal baik unggulanmu? apa yg mau kau banggakan di hadapan Allah?



 "Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka." (QS. Al-Baqarah: 201).

"Ya Tuhan, kami telah menganiaya dm kami sendiri, dan jika Engkau tidak mengampuni kami serta memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi." (QS. Al-A'râf 23

"Ya Tuhan sungguh kami telah mendengar seruan yang menyeru kepada iman: "Barimanlah kamu kepada Tuhanmu, maka kami pun beriman. Ya Tuhan, ampunilah dosa-dosa kami dan hapuskanlah kesalahan-kesalahan kami, serta matikanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat kebajikan. Ya Tuhan, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan rasul-rasul-Mu, dan janganlah Engkau hinakan kami pada hari kiamat nanti. Sungguh Engkau sama sekali tidak akan pernah menyalahi janji." (QS. Âli Imrân: 193-294)

allahu a'alam bishowab

#catatan utk menasihati diri sendiri

No comments:

Post a Comment