Wednesday, March 27, 2013

obat nafsu makan-obat cacing alami

dari grup HHBF pak wied harry..biar ga lupa disave dl disini *maklum pelupa stadium akut ^_*

Daripada memberikan 'OBAT NAFSU MAKAN' dan “OBAT CACING” yang sudah pasti mengandung bahan sintetis, dapat dicoba OBAT NAFSU MAKAN ALAMI dan OBAT CACING ALAMI warisan nenek moyang. Berikut adalah 'OBAT NAFSU MAKAN' dan “OBAT CACING” dari Bapak Wied Harry Apriadji:

OBAT ALAMI PEMACU NAFSU MAKAN
  1. Siapkan rimpang-empu TEMULAWAK/KUNYIT (pilih salah satu saja, diutamakan TEMULAWAK) sebesar jempol kaki, bakar sebentar (agar zat aktifnya sebagian tidak aktif), kupas, parut, bubuhi 1-2 SENDOK MAKAN AIR MASAK, remas-remas, peras, saring. Boleh dibubuhi sedikit madu (madu HANYA BOLEH diberikan untuk bayi 12 BULAN KE ATAS). Berikan 1-2X SEHARI @1-2 SENDOK MAKAN ketika perut kosong atau 30 menit menjelang makan. Ulangi hingga paling lama 3 hari berturut-turut.
  2. Rebus 1 TANGKAI SAMBILOTO dengan 1/2 GELAS AIR, didihkan hingga airnya hijau pekat (30 menit). Setelah dingin, saring. Berikan 1-2X SEHARI @1-2 SENDOK MAKAN ketika perut kosong atau 30 menit menjelang makan. Ulangi hingga paling lama 3 hari berturut-turut.

OBAT CACING ALAMI
  1. Blender hingga halus 1 GELAS KECIL (150-200 ml) JUS PEPAYA + 1 sendok makan rata BIJI BUAH PEPAYA. Sebaiknya campur dengan JUS JERUK MANIS (jeruk pontianak/siam dll), agar rasanya lebih enak.
  2. Berikan 1XSEHARI dan ulangi 3 hari berturut-turut. Berikan ketika perut kosong (misalnya sesaat setelah bangun tidur siang) atau 30 menit menjelang makan. Jika memang ada cacing dalam perut, cacing sudah akan mati dan keluar setelah minum 1xsehari.

Berdasarkan hasil postingan bunda-bunda di milis Gizi dan Balita, saya pribadi berkesimpulan bahwa ramuan alami ‘PEMACU NAFSU MAKAN’ diberikan setelah bayi berusia 9+ BULAN. Dengan pertimbangan, pada usia tersebut organ pencernaan bayi sudah bisa mencerna makanan yang proses pencernaannya rumit, seperti protein hewani. Selain itu, bayi di usia tersebut sudah bisa dilatih mendapatkan pre-table food, artinya sudah hampir menikmati makanan keluarga. Saya pribadi cenderung memberikan ramuan alami ‘PEMACU NAFSU MAKAN’ saat diperlukan saja, yaitu:

  1. Jika si anak mengalami problem SULIT MAKAN atau TIDAK NAFSU MAKAN lebih dari 10 HARI. Itupun setelah bunda-bunda sudah secara optimal menelusuri PENYEBAB ANAK SULIT MAKAN (baik dari faktor fisik makanan – tekstur, variasi makanan – maupun faktor psikologis anak) dan melakukan UPAYA MAKSIMAL untuk mengatasinya. Misalnya, bayi yang sering menolak makan barangkali disebabkan pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) yang terlalu cepat atau malah terlambat. Faktor penyebab lainnya adalah perilaku makan orang tua ternyata salah. Makan sambil nonton teve atau membaca koran adalah beberapa di antaranya yang kemudian ditiru anak. Selain itu, orang tua juga mungkin kurang terampil menyajikan menu makanan yang variatif. Demi kepraktisan, makanan yang tersaji di meja makan cenderung itu-itu saja.
  2. Jika si anak memiliki BERAT BADAN dan TINGGI BADAN yang berada di BAWAH STANDAR. Misalnya: Berat badan (BB) anak perempuan usia 12 bulan adalah: 8,9 kg dengan batas bawah 7,0 kg dan tinggi badan (TB) sehat anak perempuan usia 12 bulan yaitu: 74,0 cm dengan batas bawah 68,9 cm.
  3. Pada saat si anak baru SEMBUH DARI SAKIT atau MASA PEMULIHAN. Ketika tubuh kita sakit, secara alami kegiatan mencerna agak di "rem", difokuskan pada kegiatan menyerap nutrisi dan memanfaatkannya (antara lain untuk perbaikan sel, termasuk pemulihan/recovery). Karena proses mencerna ini agak di "rem" ketika sakit, maka biasanya orang sakit nafsu makannya secara alami menurun, malah ada yang sama sekali tidak punya nafsu makan.

Sedangkan “OBAT CACING ALAMI” diberikan pada saat si kecil sudah semakin aktif mengeksplorasi dunia luar (USIA 9+ BULAN), seperti bermain atau berlari-larian di pasir/tanah, rumput, dan lain-lain. Biasanya saya pribadi memberikan MINIMAL 1 BULAN SEKALI dan MAKSIMAL 6 BULAN SEKALI

Hal yang perlu DIGARISBAWAHI ramuan alami ini TIDAK DIBERIKAN SETIAP HARI, tapi diberikan PALING LAMA 3 HARI BERTURUT-TURUT saja

No comments:

Post a Comment